Survey Identifikasi Lahan

K egiatan survey identifikasi lahan merupakan agenda kunjungan lapang yang dilakukan oleh petugas pertanian untuk mengidentifikasi lahan sec...

Pertanian Masa Depan

Sayuran Organik
Halo Netter GoelaGoela jumpa lagi dengan saya, beberapa saat yang lalu saya telah membahas tentang Vertikultur, Hidroponik dan beberapa konsep tentang “Go Organic” terkait dengan itu lah yang menjadikan bahan konsep pemikiran saya, ditambah lagi beberapa kejadian yang saya alami sendiri, lho dulu-dulu juga tidak mikir masalah ini…Begini ceritanya…

Sayur dan Buah dalam Mall
Tempoh tak lama ini saya iseng jalan-jalan sama keluarga ke Mall, ada beberpa items yang kami lihat, tapi ada hal yang saya suka…ternyata sayuran organik sudah banyak sekali dijual dalam kemasan yang sudah representatif, pertumbuhan usaha sayuran organik sangat cepat dengan berkembangnya jenis sayuran yang dijual, tidak hanya sebatas sawi dan selada saja namun juga sudah ada sayur macam cabai organic, tomat organic. Jadi mungkin saja disini dapat dilihat bahwa konsep “Go Organic” sudah terlihat hasilnya.

Tapi lain Sayuran Organik lain pula kondisi agribisnis kita untuk komoditi buah, saya heran, kenapa buah terutama dari China dengan Jeruk Ponkam-nya, Jepang dengan Apel Fuji-nya dan Australia terdapat banyak dijual disini ? Ya di Mall besar sampai pedagang buah yang mangkal didepan gang... Mungkin banyak hal yang selama ini terlewatkan dari perhatian kita, Nah dulu-dulu saya juga tidak pernah mikir sejauh ini…kata guru SD kita, bangsa ini “Negeri yang sangat subur” tapi masak buah saja kita tidak dapat mencukupi kebutuhan sendiri ? Lantas kemana larinya buah lokal ?

Buah Apel Import

Dari beberapa kejadian yang saya alami diatas, rasanya saya perlu untuk sedikit “meluruskan” dalam artian secara informatif apa yang seharusnya bangsa ini dapat lakukan. Ya mungkin saya bisa cuma menulis, tapi besar harapan saya untuk membawa kemajuan dunia pertanian kita.

Buah Jeruk Import
Selain menjaring info yang saya anggap bisa dilakukan (aplikatif), saya juga menulis, apa yang telah saya coba, jadi nantinya tulisan dalam blog saya ini akan bersifat aplikatif, namun demikian kita juga jangan sampai ketinggalan informasi lainnya.
Informasi harus berimbang, janganlah kita selalu berfikir hanya untung apalagi secara material saja, tanpa berusaha untuk menggapainya…Omong kosong saja !!!
Kita perlu tindakan nyata, tapi tindakan tanpa konsep jelas, akan seperti mendayung ditengah samudra luas tanpa tahu arah...pasti sangat capek dan sia-sia.

Ok, ketemu lagi dengan update saya yang terbaru...untuk Pertanian Masa Depan.
Terimakasih atas kunjungan para Netter GoelaGoela dimanapun berada… See You Soon!